Tips Membuat Anak Rajin Menyikat Giginya

Tips Membuat Anak Rajin Menyikat Giginya

Tips Membuat Anak Rajin Menyikat Giginya, – Memiliki anak yang masih berusia di bawah lima tahun tentu menjadi cerita sendiri di rumah ya, Ma. Terlebih jika pada usianya masih banyak hal-hal baru yang belum ia ketahui dan pelajari seperti menyikat gigi.

Untuk mencegah masalah gigi pada anak-anak, orang tua harus mulai menanamkan kesadaran akan membersihkan gigi, yaitu dengan menyikat gigi, sedini mungkin. Bingung bagaimana memulainya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Membacakan buku cerita atau berkisah tentang kesehatan gigi

Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Mereka sangat suka membangun karakter menakjubkan di dalam benak mereka. Ini bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menyikat gigi.

Sebagai contoh, orang tua bisa bercerita tentang binatang yang sering sakit gigi karena malas menyikat giginya secara rutin atau kebiasaan makan makan manis tanpa disertai gosok gigi sebelum tidur, yang mana itu bisa menciptakan “monster” di dalam mulut yang harus segera dibasmi.

Ternyata cara tersebut efektif untuk membuat ingatan yang kuat dalam diri anak terhadap edukasi yang disampaikan.

Dilansir http://thesunshineundergroundofficial.com, Kegiatan mendongeng atau membacakan buku dengan visual yang menarik pada anak akan menambah pengetahuan anak, sehingga lama-lama mampu membuat anak berpikir lebih baik dan kritis.

2. Mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi melalui media poster

Orang tua bisa menempelkan poster menyikat gigi yang benar di kaca kamar mandi. Bisa juga dengan animasi lucu atau berisi karakter yang disukai anak. Pastikan juga orang tua mendampingi anak dan jelaskan isi poster tersebut dengan cara yang menyenangkan.

Cara tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anak, dari yang 57,1 persen pengetahuan cukup menjadi 52,4 persen baik.

3. Mengajarkan tata cara sikat gigi yang baik dan benar melalui lagu

Orang tua kesulitan menerapkan kebiasaan menyikat gigi yang benar? Anak sering merasa bosan ketika dijelaskan? Maka cara yang satu ini sangat cocok diterapkan.

Cobalah untuk membuat lagu sederhana dan menyenangkan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar. Nyanyikan secara berulang sambil mempraktikkannya, sehingga anak bisa dengan mudah mengingat urutan menggosok gigi yang benar.

Lagu-lagu bertema sikat gigi seperti itu juga bisa dengan mudah dicari di internet dan mengajarkannya ke anak.

4. Mengajak anak menonton video yang menyenangkan tentang kesehatan giginya

Anak-anak suka sekali mencontoh adegan yang mereka tonton. Oleh sebab itu, tips yang satu ini sangat bagus untuk diterapkan. Eits, pastikan video yang anak tonton dikemas dalam bentuk yang menyenangkan, ya!

Dampingi anak saat menonton dan berikan pemahaman tentang edukasi yang disampaikan dalam video yang ditonton. Pastikan juga video yang disaksikan bukan video yang itu-itu saja agar ia tidak merasa bosan.

Setelah anak-anak diberi penyuluhan media kartun animasi tentang kesehatan gigi dan mulut, terjadi kenaikan pengetahuan pada anak-anak dari 47,6 persen menjadi 81 persen.

5. Memberikan anak reward atas usahanya menyikat gigi

Ini adalah langkah yang sangat penting dalam menerapkan kebiasaan menyikat gigi kepada anak. Berilah anak reward setiap kali mereka selesai menyikat gigi dengan benar. Bisa dengan memujinya seperti, “wah, adik hebat!” atau kombinasikan juga memberinya ciuman, pelukan, atau mengusap lembut kepalanya.

Sama seperti orang dewasa, anak akan sangat sedang bila segala usahanya dihargai. Jadi, jangan pernah mengabaikan usahanya, ya!

Orang tua juga harus menjadi contoh yang baik dengan ikut mempraktikkannya, ya! Selain itu, ajak si Kecil ke dokter gigi untuk pemeriksaan giginya secara rutin untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Makin dini makin dibiasakan, akan makin baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *