Sejarah Permainan Ludo

Sejarah Permainan Ludo 1 300x200 - Sejarah Permainan Ludo

Sejarah Permainan Ludo berbicara soal board game, yang tercetus di pikiran kita mungkin ular tangga, domino, hingga sudoku. Tapi, apakah kamu familiar dengan ludo?

Ludo ialah board game strategi untuk 2-4 orang yaitu tiap pemain memiliki empat token atau bidak. Lalu, dadu terlempar dan pemain dengan angka tertinggi memulai permainan lebih dulu. Token bergantian searah jarum jam.
Mungkin, kamu sudah terbiasa memainkan ludo. Tetapi, apakah kamu tahu sejarah penciptaannya? Let’s figure out!

1. Memiliki banyak nama berbeda berbagai negara
Ludo telah ada selama berabad-abad. Jika sekarang medianya terbuat dari kertas dan plastik, dulunya ludo menggunakan kain, batu tulis, papan, biji, hingga kerang. Kini, ludo dapat dimainkan secara virtual dari smartphone.
Ludo memiliki banyak nama berbeda berbagai negara. Misalnya India, ludo terkenal sebagai chausar, chopad, atau pachisi. Sedangkan, Spanyol yaitu parcheesi, bernama chatush China, dan berjuluk ludu Afrika.

2. Muncul dalam epik Mahabharata
ludo muncul dalam epik Mahabharata! Tepatnya, menjadi permainan pilihan antara Pandawa dan Korawa, yang akhirnya mengarah pada perang Kurukshetra.
Mereka percaya bahwa dadu yang mereka gunakan memiliki kekuatan magis. Bahkan, konon katanya bahwa dadunya terbuat dari tulang anggota keluarga Shakuni, sehingga hanya akan mematuhi perintah Shakuni! Seram juga, ya?

3. Bahkan, Kaisar Mughal Akbar pun memainkannya
Beberapa sejarawan mengatakan bahwa Kaisar Mughal, Akbar, dulu memainkan ludo. Namun, ia membuat sedikit variasi. Apakah itu?
Bukannya memakai biji-bijian atau cangkang, ia menggunakan orang-orang yang nyata (dari harem-nya) sebagai bidak dalam papan berukuran besar! Can you imagine?

Karena sangat menyukai permainan ini, istananya Fatehpur Sikri dan Agra, India, memiliki aula khusus untuk bermain. Bahkan, papan permainan tergambar secara permanen bawah lantai!

4. Datang ke Inggris
Perlahan tapi pasti, ludo mulai menyebar ke negara-negara lain. Salah satunya adalah Inggris yang kedatangan ludo.
Lima tahun sebelumnya, Alfred Collier memodifikasi permainan ini. Pria berkebangsaan Inggris ini menambahkan cangkir dadu, menamainya The Royal Ludo, dan mendaftarkannya sebagai paten.

projectsharetexas.com

5. Oleh karena itu, sempat berubah menjadi uckers oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris
Modifikasi permainan terus-menerus terjadi. Contohnya oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris.
Intinya sama, yaitu membawa semua bidak atau token ke home base sebelum lawan melakukannya.
Tidak hanya termainkan oleh British Royal Navy, permainan ini pun menyebar ke Royal Canadian Navy, Royal New Zealand Navy, Royal Australian Navy, Royal Dutch Navy, dan masih banyak lagi.

6. Kejuaraan Ludo Dunia terselenggarakan tiap empat tahun sekali. Karena mulai mendunia, Kejuaraan Dunia Ludo (The World Ludo Championships) mengadakan setiap empat tahun sekali. Ajang ini terselenggarakan.
Kejuaraan ini terbuka untuk pemain dari semua jenis kelamin dan usia. Namun, kompetisi beberapa kategori untuk wanita, junior (bawah usia 22 tahun), dan veteran (atas usia 50 tahun).