Khasiat Dan Manfaat Dari Susu Kuda – Susu merupakan minuman yang tidak asing untuk dikonsumsi. Bahkan, sejak bayi manusia sudah diberikan air susu ibu (ASI). Mengkutip dari http://projectsharetexas.com/ Biasanya, susu yang umum dikonsumsi berasal dari hewan ternak seperti sapi atau kambing. Namun, ada pula susu dari hewan lainnya yang tak kalah menyehatkan, yaitu susu dari kuda betina alias susu kuda.

susu kuda - Khasiat Dan Manfaat Dari Susu Kuda

Walaupun tidak sepopuler susu sapi dan kambing, tetapi susu kuda mengandung segudang manfaat kesehatan, lo! Dilansir Milks and Health, susu kuda sudah dikonsumsi dan digunakan selama ribuan tahun oleh masyarakat Mongol, Asia tengah, dan Indo-Eropa.

1. Lebih mudah dicerna dan rendah kalori

Melansir dari https://116.193.190.241/ Perlu diketahui, susu kuda bukanlah alternatif yang aman untuk orang dengan intoleransi laktosa. Ini karena kandungan laktosa dalam susu kuda yang lebih tinggi daripada susu sapi. Di sisi lain, kandungan kasein (protein) dalam susu kuda lebih rendah dari susu sapi. Inilah yang membuat susu kuda lebih mudah atau lebih ringan dicerna.

Kalori dalam susu kuda juga lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Dalam 7 ons susu kuda, total kalorinya hanya sekitar 88 kalori. Sementara itu, dalam berat yang sama, susu sapi mengandung sekitar 130 kalori.

2. Kandungan gizi susu kuda

Susu kuda memiliki komponen nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan E yang lebih tinggi daripada susu sapi. Terdapat pula kandungan potasium atau kalium, zat besi, kalsium, dan magnesium yang penting untuk tubuh.

Tidak hanya itu, susu kuda juga kaya akan lisozim, enzim yang berfungsi sebagai antimikroba. Susu kuda juga kaya akan laktoferin, suatu glikoprotein yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh guna memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebagai hewan dengan lambung tunggal, kuda menghasilkan susu yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Susu kuda bisa jadi alternatif ASI

Kualitas nutrisi dan komposisi susu kuda yang baik ternyata dikatakan paling mirip dengan ASI dibanding susu dari hewan lain. Ini karena struktur organ manusia dan kuda yang juga mirip, terutama pada kesamaan sebagai makhluk berlambung tunggal. Tentu ini berbeda dengan sapi yang memiliki empat kantong lambung yang berbeda-beda.

4. Susu kuda juga punya manfaat untuk kesehatan kulit

Tidak cuma menyehatkan untuk dikonsumsi, tetapi susu kuda juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Ini berkat laktoferin dalam susu kuda yang memiliki manfaat melembapkan, regenerasi, serta memperlambat penuaan kulit.

Komponen antibakteri dalam susu kuda juga bermanfaat untuk kulit berjerawat dan mengatasi berbagai kondisi kulit seperti eksem, psoriasis, dan neurodermatitis. Karena khasiatnya bagi kulit ini, susu kuda juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen makanan, krim, atau sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *