Cara Ampuh dan Mudah Usir Panas tanpa AC – Saat cuaca panas dan terik, khususnya pada musim kemarau, tak heran kalau kita merasa lebih gerah dan cepat haus. Panas-panas begini inginnya terus berada di ruangan ber-AC. Namun, kalau menyalakan AC setiap hari seharian rasanya tak sanggup kalau tagihan listrik membengkak.

cara mendinginkan ruangan tanpa ac. PNG - Cara Ampuh dan Mudah Usir Panas tanpa AC

Adakah cara mudah untuk mengusir panas dan gerah tanpa AC? Tenang, kamu bisa menyejukkan diri dengan tips berikut ini!

1. Cari angin dari luar

Cara pertama untuk mengusir gerah adalah dengan memastikan kalau ventilasi udara memadai. Dengan begitu, udara dapat masuk dan keluar dengan optimal, sehingga kamu tak merasa gerah. Atau, kamu dapat keluar rumah sebentar untuk menyejukkan diri.

Namun, di masa pandemi COVID-19 ini, berhati-hatilah saat ke luar rumah. Hindari keramaian dan usahakan tidak terlalu lama. Direktur klinis di Carbon Health, Dr. Bayo Curry-Winchell, mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dan pastikan kalau kamu sudah divaksin.

2. Bawa persediaan air

Melansir dari http://162.241.118.60/ Frederick Davis dari Northwell Health Long Island Jewish (LIJ) Medical Center mengingatkan kalau lebih mudah bagi tubuh untuk mengalami dehidrasi saat suhu tinggi.

Menjaga kadar cairan juga penting untuk mencegah sengatan panas (heatstroke) atau kepanasan parah (heat exhaustion). Bahkan, kalau pun tidak merasa haus, pastikan untuk tetap minum!

3. Pakai pakaian longgar dan oleskan sunscreen

Kalau kamu memutuskan untuk ke luar rumah sebentar dan berkeliling di kompleks perumahan, pakailah pakaian yang longgar, berbahan adem, dan berwarna terang. Dokter Curry-Winchell mengatakan kalau pakaian berwarna terang dapat memantulkan sinar ultraviolet (UV), sedangkan warna gelap malah menyerap panas.

Selain pakaian yang longgar dan adem, Dr. Curry-Winchell mengingatkan untuk mengoleskan tabir surya (sunscreen) pada area yang tidak tertutup pakaian. Sekalipun mengemudi, tetap oleskan sunscreen. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut kulitmu terbakar sinar UV.

4. Jaga rumah tetap sejuk

AC memang bisa menyejukkan seisi rumah. Selain AC, kamu bisa menutup jendela dengan gorden di siang dan sore hari yang terik agar sinar matahari tidak masuk, lalu buka jendela pada sore hingga malam hari agar udara sejuk bisa masuk.

5. Pakai kompres dingin

Menurut https://projectsharetexas.com/ Jika kamu merasa panas, Dr. Curry-Winchell memberikan tips lain, yaitu menempelkan kompres dingin berisi air dingin atau es di lokasi seperti leher dan pergelangan tangan. Dengan begitu, kamu dapat merasakan udara dingin menjalar ke seluruh tubuh.

Kamu mungkin berpikir untuk mengoleskan es dingin langsung ke kulit. Hati-hati, praktik ini dapat menyebabkan ice burn, sensasi terbakar pada kulit akibat kerusakan yang disebabkan dari menempelkan es ke kulit secara langsung. Jadi, pakailah handuk atau kain waslap untuk membungkus es.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *