Bunga Berwarna Ungu yang Memiliki Manfaat bagi Kesehatan – Saat ini tanaman hias banyak digemari untuk mengisi waktu selama masa pandemik. Memiliki waktu lebih di rumah karena work from home, merawat tanaman hias merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jenuh. Banyak jenis tanaman hias yang bisa dirawat di area rumah.

1617410462282 - Bunga Berwarna Ungu yang Memiliki Manfaat bagi Kesehatan

Pernah dengar bunga lavender? Pasti kalian sudah tidak asing dengan bunga cantik yang memiliki warna ungu ini. Tidak hanya indah, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain lavender, masih ada bunga dengan warna ungu lainnya yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

1. Verbena

Verbena merupakan genus dari famili Verbenaceae. Bunga ini biasa dijadikan tanaman hias karena keindahannya. Selain itu, verbena juga memiliki senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Dilansir Healthline, berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada hewan, kandungan glikosida, triterpenoid, dan minyak esensial dari verbena efektif membantu menghambat pertumbuhan tumor, dan dapat membunuh sel kanker. Selain itu, minyak esensialnya juga berkhasiat sebagai antibakteri. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian pada jamur dan bakteri yang diletakan pada tabung reaksi dan diberi minyak esensial.

2. Lavender

Lavender merupakan tanaman berbunga yang masuk ke dalam famili Lamiaceae. Ada fakta menarik dari tanaman ini, yaitu telah digunakan lebih dari 2500 tahun yang lalu untuk proses pemumian di Mesir.

Dilansir http://94.237.65.201/, ternyata lavender memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang mengalami kesulitan tidur, minyak esensial dari lavender bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak esensial lavender di bantal sebelum tidur.

3. Platycodon grandiflorus (bunga balon)

Platycodon grandiflorus juga dikenal dengan bunga balon. Tanaman ini masuk ke dalam famili Campanulaceae dan merupakan satu-satunya di dalam genus Platycodon. Habitat asli tanaman ini adalah dari Asia Timur.

Dilansir Organicfact, akar tanaman ini memiliki bahan aktif seperti asam betulinat, saponin, pitosterol, inulin, dan glukosa. Sifat ekspektoran dari akar bunga balon berkhasiat untuk mengencerkan dahak saat batuk pilek serta menghilangkan bakteri dan pantogen lain yang dapat berkembang pada dahak. Saponin yang terkandung pada bagian akar berkhasiat mengurangi rasa sakit pada perut.

4. Gomphrena globosa (bunga kenop)

Di Indonesia, Gomphrena globosa lebih dikenal dengan nama bunga kenop. Tanaman ini masuk ke dalam famili Amaranthaceae dan habitat asli tanaman ini berasal dari Amerika Tengah. Kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dilansir Wild Turmeric, ekstrak tanaman ini memiliki khasiat sebagai antibakteri yang sangat baik, mencakup Escherichia coli dan Salmonella typhi. Selain itu, ekstrak tanaman bunga kenop juga memiliki sifat anti jamur. Bunga kenop juga bisa dijadikan bahan minuman untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang sangat tinggi. Berdasar uji klinis, tanaman tersebut juga berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes.

5. Tradescantia zebrina (rumput belang)

Di Indonesia, Tradescantia zebrina dikenal dengan nama rumput belang. Habitat asli tanaman yang memiliki daun dan bunga berwarna ungu ini berasal dari Meksiko. Selain keindahan warna yang dimiliki tanaman ini, ternyata Tradescantia zebrina juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dilansir https://projectsharetexas.com/ senyawa yang terkandung dalam Tradescantia zebrina memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini bahkan digunakan sebagai pengobatan tradisional di negara Meksiko, Tiongkok, Malaysia, dan Jamaika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *