Tips Melindungi Kesehatan Mata

Tips Melindungi Kesehatan Mata

Tips Melindungi Kesehatan Mata, – Mata merupakan salah satu organ tubuh penting yang berfungsi untuk melihat. Sebagai indera penglihatan, mata perlu dirawat dan diperhatikan agar tidak mengalami gangguan kesehatan, seperti mata merah, katarak sampai kebutaan.

Mulai hari Senin, 14 September 2010, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengurangi laju penularan COVID-19 akibat virus corona SARS-CoV-2 kembali diberlakukan. Sebagian karyawan pun beraktivitas dan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) dan tidak keluar rumah bila tidak ada urusan mendesak.

Bicara tentang kerja dari rumah, penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, smartphone, dan tablet sering kali menjadi lebih intens. Padahal, menatap layar perangkat elektronik terus-terusan dapat menimbulkan ketidaknyamanan terutama pada mata, bahkan bisa menyebabkan masalah pada indra penglihatan tersebut.

Melakukan pemeriksaan mata tidak hanya menentukan apakah Anda perlu menggunakan kacamata atau tidak, tetapi juga dapat membantu Anda Mendeteksi jika kondisi mata memerlukan penanganan yang efektif lebih awal. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari https://matkojelavic.com/.

Biasakan mata untuk berkedip

Menurut American Journal of Opthalmology, manusia biasanya berkedip sekitar 15-20 kali dalam 1 menit. Namun, saat menggunakan komputer dan perangkat layar digital lainnya, kita hanya berkedip sekitar 5-7 kali dalam 1 menit.

Berkedip adalah cara mata mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan di permukaannya. Jarang berkedip akan membuat permukaan mata kita mengering dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain itu, sebuah penelitian dalam jurnal Proceedings of the National Academies of Science tahun 2013 menyatakan bahwa berkedip tidak hanya menjaga kelembapan mata, tapi juga dapat berfungsi sebagai bentuk istirahat sesaat bagi otak, memberi pikiran kesempatan untuk berkelana, atau membuat otak dalam kondisi “offline”. Jadi, berusahalah untuk berkedip sesering mungkin saat sedang bekerja menatap layar.

Terapkan kaidah 20-20-20

American Academy of Ophthalmology menjelaskan bahwa memandangi perangkat digital tidak serta-merta dapat merusak penglihatan kita. Akan tetapi, penggunaan yang intens dapat menimbulkan ketidaknyamanan seperti mata menjadi kering, mata lelah, dan timbul iritasi. Kondisi tersebut disebut dengan digital eye strain.

Untuk mencegah kondisi tersebut, kamu bisa menerapkan kaidah “20-20-20”: setiap 20 menit, alihkan matamu untuk melihat objek lain yang berjarak sejauh 20 kaki (atau sekitar 6 meter), dan lakukan selama 20 detik. Kamu bisa memasang alarm di smartphone agar tak sampai lupa.

Atur jarak dengan layar

Jarak antara layar dan mata dapat mempengaruhi kinerja yang dilakukan mata. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Malaysian Family Physician tahun 2008 yang diterbitkan oleh Academy of Family Physicians of Malaysia, saat menggunakan komputer, kita disarankan untuk duduk sekitar 25 inci (kira-kira sejauh lengan) dari layar.

Selain itu, posisikan layar sehingga mata kita sedikit menatap ke bawah, bukan lurus ke depan atau sampai mendongak ke atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *