Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!

Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!

Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan! – Jalan kaki adalah salah satu aktivitas fisik paling praktis dan mudah dikerjakan. Agar gaya hidup lebih aktif, beberapa orang kini jamak menyelesaikan tantangan jalan kaki 10.000 langkah per hari.

Sederhana dan tak perlu mengeluarkan biaya apa pun, jalan kaki secara rutin bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit kronis. Nggak percaya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Memperbaiki suasana hati

Dilansir http://poker88asia.info, Ada sebagian orang yang melampiaskan suasana hati mereka yang buruk dengan banyak makan, makan-makanan tinggi gula dan lemak, minum-minuman beralkohol, bahkan menggunakan obat-obatan terlarang. Padahal, ada cara yang jauh lebih sehat, yakni jalan kaki. Bahkan, cara ini tidak melibatkan tambahan kalori yang masuk ke dalam tubuh, lho.

2. Membakar kalori

Kalori sebenarnya dibutuhkan sebagai sumber energi, sehingga tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Sayangnya, sering kali asupan kalori tidak seimbang; lebih banyak kalori yang masuk daripada yang dibakar. Gaya hidup mager alias sedenter turut berpengaruh terhadap surplus kalori dalam tubuh, menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Mencegah stroke

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Cut Putri Arianie, MHKes, 1 dari 4 orang di dunia menderita stroke. Padahal, menurutnya penyakit berbahaya ini bisa dicegah.

Di Indonesia sendiri, stroke termasuk penyakit yang menjadi beban negara. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, biaya penanganan stroke semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2016 menghabiskan Rp1,43 triliun, lalu naik menjadi Rp2,18 triliun di tahun 2017, dan menjadi Rp2,56 triliun pada tahun 2018.

4. Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Arthritis Research & Therapy melibatkan partisipan lansia dengan kondisi artritis reumatoid, yakni peradangan pada sendi. Hasilnya, setelah 10 minggu melakukan latihan interval jalan kaki dengan intensitas tinggi, dapat hasil peningkatan daya tahan tubuh.

5. Meningkatkan angka harapan hidup

Siapa pun pastinya ingin berumur panjang. Nah, salah satu “investasi” yang juga bisa dilakukan sejak muda adalah memperbanyak aktivitas fisik. Salah satunya adalah dengan jalan kaki secara teratur.

Sebuah penelitian dalam Journal of the American Geriatrics Society tahun 2019 menunjukkan bahwa lansia berusia 70-90 tahun yang rutin ke luar rumah dan juga melakukan aktivitas fisik bisa hidup lebih lama dibanding mereka yang kurang aktif.

***

Dengan berbagai manfaat sehat yang dijelaskan di atas, yuk, lebih rajin beraktivitas fisik secara rutin. Sesimpel jalan kaki dampaknya bisa signifikan, lho, demi menunjang kesehatan hingga hari tua nanti. Mudah dan gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *