Manfaat Penting Daun Mint bagi Kesehatan!

Manfaat Penting Daun Mint bagi Kesehatan!

Manfaat Penting Daun Mint bagi Kesehatan! – Di balik sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan, ternyata ada banyak manfaat daun mint untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan gigi, meringankan kram menstruasi, hingga meningkatkan fungsi otak.

Daun mint sangat populer dipakai sebagai bahan pelengkap pada makanan dan minuman, seperti teh dan salad, karena rasanya yang menyegarkan.

Dilansir dari laman https://slotpragmatic.asia, Diketahui, mengonsumsi daun mint tak hanya membuat mulut segar, tapi juga berkhasiat dari segi kesehatan. Khasiat ini akan lebih besar ketika mint digunakan pada kulit dalam bentuk minyak, menghirup aromanya, atau dengan minum kapsul yang berisi ekstrak mint dibanding memakannya.

Ada beberapa manfaat penting daun mint yang perlu Anda tahu karena akan sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Sayang untuk dilewatkan!

1. Kaya akan nutrisi

Daun mint kaya akan nutrisi. Di antaranya adalah serat, vitamin A, zat besi, mangan, serta folat. Agar bisa mendapatkan nutrisinya, sebaiknya konsumsi daun mint dalam jumlah signifikan, misalnya dengan menjadikannya sebagai bahan campuran salad. Jangan cuma menggunakannya sebagai hiasan pada makanan dan minuman saja, ya!

Untuk menjaga kesehatan mata dan daya penglihatan pada malam hari, penting sekali untuk mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak, misalnya vitamin A. Daun mint diketahui merupakan salah satu sumber vitamin A yang baik.

Mint dan rempah-rempah serta tanaman herbal lain memiliki sifat antioksidan. Tingginya kandungan senyawa fenol dalam daun mint membuatnya jadi salah satu sumber antioksidan yang kuat.

2. Meredakan gangguan pencernaan

Mint dikenal pula bisa mengatasi sakit perut atau gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini timbul akibat makanan berada terlalu lama di area perut atau lambung, sebelum masuk ke saluran pencernaan lainnya.

Penambahan minyak pepermin dalam makanan terbukti mampu meningkatkan pengosongan lambung.

Melibatkan 120 pasien dispepsia fungsional, yakni sakit perut tanpa disertai luka yang bisa menyebabkan gejala seperti nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian atas, kembung, sendawa, hingga mual.

Setelah pemberian kapsul yang berisi kombinasi minyak pepermin dan minyak jintan selama 4 minggu, terbukti bahwa pemberian kedua minyak tersebut efektif dalam mengobati penyakit dispepsia fungsional.

3. Meningkatkan fungsi otak

Selain dikonsumsi, manfaat daun mint juga bisa Anda dapatkan dengan menghirup aromanya. Mencium aroma minyak pepermin selama 5 menit terbukti mampu meningkatkan memori secara signifikan.

Aroma pepermin dan kayu manis mampu meningkatkan tingkat kewaspadaan, menurunkan tingkat kelelahan, dan frustrasi saat berkendara. Manfaat tersebut berpotensi menjadi solusi untuk menurunkan tingkat kecelakaan, terutama bagi para pengendara jarak jauh.

4. Mengurangi rasa sakit saat menyusui

Para ibu sering mengeluhkan rasa sakit saat menyusui akibat luka pada puting atau puting mengalami pecah-pecah. Hal ini yang kerap membuat para ibu menghentikan pemberian ASI sebelum waktunya.

Berdasarkan beberapa hasil studi, mengoleskan daun mint pada area puting bisa mencegah serta mengurangi rasa sakit saat menyusui. Pengaplikasiannya bisa dengan mencampurkan daun mint dengan air atau gel, atau mengoleskannya dalam bentuk minyak.

5. Mengatasi gejala flu

Mentol, komponen utama pada minyak pepermin, sejak lama telah diyakini bisa meredakan gejala flu. Menghirup  aroma mentol terbukti mampu melancarkan pernapasan hidung (nasal breathing), sehingga sangat membantu bagi orang yang mengalami gejala flu.

Saat ini minyak pepermin sudah tersedia banyak di pasaran, sehingga bagi Anda yang ingin memperoleh manfaat seperti yang sudah dipaparkan di atas, bisa dengan mudah mendapatkannya. Jangan lupa juga untuk menambahkan daun mint dalam menu makan sehari-hari, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari nilai nutrisi yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *