Manfaat Mandi Air Dingin!

Manfaat Mandi Air Dingin!

Manfaat Mandi Air Dingin! – Mandi air dingin punya banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya meningkatkan energi, memberi efek segar dan membantu lebih bersemangat di pagi hari.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan apa saja manfaat mandi air dingin yang mungkin akan mengusir rasa malas mandimu. Nah, apa saja itu?

1. Melancarkan metabolisme

Dikutip dari laman https://slot-online.games, Memiliki metabolisme yang lancar tentu sangat berguna ketika Anda ingin memiliki berat badan ideal.

Mandi air dingin dapat meningkatkan metabolisme dengan cepat. Anda bisa melakukannya sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Namun di sisi lain, untuk penurunan berat badan, efek yang diberikan air dingin masih belum jelas. Akan tetapi, kemampuan air dingin untuk membantu menyeimbangkan hormon tertentu dan merawat sistem gastrointestinal ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu perlu diingat, mandi air dingin saja tak cukup untuk melunturkan lemak di tubuhmu, tentu perlu disertai gaya hidup sehat lainnya agar hasilnya maksimal.

2. Meningkatkan sistem imun

Ini bisa terjadi lantaran mandi air dingin dapat merangsang pelepasan leukosit atau sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Yang mana, ini akan meminimalisir risiko terserang penyakit umum layaknya pilek.

Kemampuan air dingin satu ini juga telah didukung oleh penelitian dalam jurnal PLoS One tahun 2016 yang melaporkan bila orang yang mandi air dingin berisiko hingga 29 persen lebih kecil untuk terserang sakit ketika bekerja atau sekolah.

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Air dingin dapat menyempitkan dan mengencangkan pembuluh darah di mana ini berdampak baik pada kulit. Sementara untuk rambut, air dingin dapat meratakan folikel dan merapatkannya sehingga rambut akan lebih sehat, kuat dan berkilau.

Tentu, ini berbeda dari air panas yang dapat mengeringkan kulit dan rambut karena mengikis lapisan sebum, yang tak lain adalah minyak alami.

Namun juga perlu dicatat, bukti ilmiah dari manfaatnya ini masih terbatas. Sedangkan untuk bukti anekdot, ini memberikan efek positif.

4. Meredakan pegal setelah berolahrga

Pegal-pegal setelah olahraga kadang kala sangat mengganggu. Untungnya, air dingin dapat meredakan masalah satu ini dengan cara kerja menurunkan suhu di suatu area tubuh. Yang mana, ini mengakibatkan pengiriman darah yang lebih hangat ke area pegal lebih cepat.

Hal ini telah diperkuat oleh penelitian dalam Journal of Athletic Training tahun 2016 yang mengungkapkan jika mandi air dingin membantu mengatasi hipertermia lebih baik saat beraktivitas daripada tanpa perawatan sama sekali.

5. Meredakan gejala depresi

Meredakan gejala depresi, kok, bisa? Paparan dingin dapat mengaktifkan saraf sistem simpatik dan meningkatkan kadar beta-endorphin dan noradrenalin dalam darah serta merangsang pelepasan noradrenalin sinaptik di otak.

Di samping itu, karena tingginya kepadatan reseptor di kulit, mandi air dingin juga diharapkan dapat memberikan efek anti-depresi melalui mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf tepi ke otak.

Penelitian ini juga melaporkan bila seseorang dengan gejala depresi yang tak cukup, gejala dapat diredakan melalui hidroterapi dingin dengan cukup efektif.

Namun jangan lupa, ini bukan berarti Anda dapat mengubah obat depresi yang telah diresepkan dokter menjadi air dingin.

***

Sekiranya Anda ingin sehat, mandi menggunakan air dingin akan membantu. Tapi pastinya, harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat agar hasilnya lebih memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *