Manfaat Jamur Ekor Kalkun Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh - Manfaat Jamur Ekor Kalkun, Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh!

Manfaat Jamur Ekor Kalkun, Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh!

Pernah dengar atau mencoba jamur ekor kalkun (Trametes versicolor)? Selain punya bentuk dan warna menarik, jamur ini ternyata juga sudah di gunakan selama berabad-abad untuk pengobatan tradisional. Karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Jamur ekor kalkun atau turkey tail mushroom adalah jamur yang bentuknya seperti cakram dengan warna bervariasi. Secara visual, jamur ini tampak mencolok dan keseluruhannya menyerupai ekor kalkun.

Beraneka warna dan tumbuh di batang pohon, jamur ini mudah di temukan di berbagai belahan dunia. Di lansir dari projectsharetexas.com, yuk kenali apa saja manfaat kesehatan yang di tawarkan dari jamur ini bagi tubuh kita!

1. Mengandung berbagai antioksidan

Mengutip dari ralphlaurenoutletonline.us.org/, menurut sebuah studi dalam The Scientific World Journal tahun 2015, jamur ekor kalkun mengandung berbagai antioksidan yang mengesankan, termasuk fenol dan flavonoid.

Tidak cuma itu, studi dalam Journal of Enzyme Inhibition and Medicinal Chemistry tahun 2017 menemukan 35 senyawa fenolik berbeda dalam sampel ekstrak jamur ekor kalkun, bersama dengan antioksidan flavonoid kuersetin dan baicalein.

Seperti yang kita tahu, antioksidan adalah senyawa yang membantu menghambat atau mengurangi kerusakan yang di sebabkan oleh stres oksidatif. Hasil stres oksidatif dari ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan peradangan kronis. Ketidakseimbangan ini juga telah di hubungkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti kanker tertentu dan penyakit jantung.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami

Polisakaropeptida adalah polisakarida terikat protein (karbohidrat) yang bisa di temukan dalam ekstrak jamur ekor kalkun. Menurut laporan dalam jurnal Oncotarget tahun 2018, krestin (PSK) dan polysaccharide peptide (PSP) adalah dua jenis polisakaropeptida dalam jamur ini.

Baik PSK dan PSP memiliki properti peningkat kekebalan yang kuat. Keduanya meningkatkan respons kekebalan dengan cara mengaktifkan dan menghambat jenis sel kekebalan tertentu dan dengan menekan peradangan atau inflamasi.

Melansir Healthline, beberapa studi tabung reaksi telah menunjukkan bahwa PSP meningkatkan monosit, yang merupakan jenis sel darah putih yang melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan.

PSK merangsang sel dendritik yang meningkatkan kekebalan terhadap racun dan mengatur respons kekebalan. Selain itu, PSK mengaktifkan sel darah putih khusus yang di sebut makrofag. Yang melindungi tubuh dari zat berbahaya seperti bakteri tertentu.

Karena kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami. PSP dan PSK umum di gunakan sebagai agen antikanker. Dalam hubungannya dengan pembedahan, kemoterapi, dan atau terapi radiasi. Di negara-negara seperti Jepang dan Tiongkok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *