Cara Sehat dan Aman Minum Kopi

Cara Sehat dan Aman Minum Kopi

Cara Sehat dan Aman Minum Kopi, – Kopi dikenal sebagai minuman nikmat pencegah rasa kantuk bagi sebagian besar orang. Pertama kali dibawa Belanda ke Indonesia pada tahun 1616, kopi kini sudah menjadi salah satu minuman yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan.

Melansir dari http://utowndc.com, Banyak ahli kesehatan yang percaya bahwa kopi adalah salah satu minuman yang menyehatkan. Sayangnya, manfaat tersebut juga kerap dibayang-bayangi efek samping seperti jantung berdebar hingga sulit tidur.

Nah, agar rutinitas minum kopi menyehatkan, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan, nih. Baca terus sampai habis, ya!

Tambahkan perasa alami

Untuk menambah rasa tanpa meningkatkan kalori, coba tambahkan sedikit ekstrak vanili murni atau sedikit kayu manis ke dalam secangkir kopi pagimu. Kayu manis sendiri dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism tahun 2009, kayu manis terbukti dapat membantu menstabilkan gula darah.

Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa kayu manis juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mendukung kolesterol sehat.

Selalu awali dengan minum air putih

Walaupun sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kafein adalah diuretik (membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan), tubuh kita dapat menyesuaikan dengan asupan kafein yang konsisten, yang mana ini akan meniadakan efek dehidrasi.

Meskipun demikian, banyak orang yang memulai hari dengan kopi tidak memperhatikan asupan cairannya alias kurang minum air. Kalau kamu salah satunya, sebelum menyeduh kopi, minumlah segelas air putih atau infused water terlebih dulu setelah bangun tidur. Targetkan untuk minum setidaknya 2 liter air setiap harinya agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Hindari ngopi di sore hari

Kopi adalah salah satu sumber kafein tertinggi. Kafein adalah stimulan yang memberi sentakan energi, sehingga kamu tetap terjaga walaupun sudah merasa lelah.

Namun, jika kamu minum kopi di sore hari, ini bisa mengganggu tidurmu. Padahal, tidur yang buruk dikaitkan dengan berbagai jenis masalah kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya jangan lagi ngopi setelah jam 2 atau 3 sore.

Kombinasikan dengan makanan

Jika minum kopi cenderung membuat perutmu menjadi sakit, utamanya di pagi hari, cobalah minum secangkir kopi bersama makanan. Sebab, bagi sebagian orang, minum kopi saat perut kosong bisa terlalu keras dan asam.

Kalau perut kosong langsung diisi kopi, kebiasaan ini bisa merusak lapisan perut dan peningkatan kecemasan. Kabar baiknya, risiko ini bisa dengan mudah dicegah dengan sarapan sebelum menikmati secangkir kopi pagimu.

Atau, kamu juga bisa menambahkan susu non-dairy ke dalam kopi untuk meminimalkan efeknya pada perut yang kosong. Kamu juga bisa memilih kopi yang kadar asamnya rendah.

Batasi penggunaan pemanis tambahan

Menurut Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10 persen dari total energi (200 kkal). Jumlah tersebut setara dengan 4 sendok makan per orang per hari, atau 50 gram per orang per hari.

Jadi, perhatikan tambahan gula ke dalam kopimu, karena gula juga umumnya terkandung dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari.

Hindari juga menambahkan creamer buatan karena cenderung tinggi gula, begitu juga dengan (susu) kental manis. Agar lebih sehat, gantikan dengan susu kelapa atau sedikit ekstrak vanila.

Dinikmati panas lebih baik

Minum es kopi memang lebih menyegarkan apabila cuaca sedang panas. Namun, kopi yang dinikmati panas mungkin lebih banyak mengandung antioksidan.

Kopi memang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Akan tetapi, manfaatnya hanya bisa didapat jika kamu mengonsumsinya dengan benar. Terapkan tips di atas untuk memastikan yang kamu dapat dari kopi cuma manfaat sehatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *