Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat!

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat!

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat! – Sakit kepala atau pusing memanglah suatu hal yang sangat mengganggu untuk beberapa orang. Terlebih lagi jika sakit kepala datang secara tiba-tiba disaat yang tidak tepat. Misalnya saat sedang melakukan aktivitas atau berkerja.

Dilansir dari laman http://poker88asia.info, Kalau obat pereda nyeri tak mampu meredakan sakit kepala atau Anda lebih suka yang alami, ada beberapa cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat yang bisa Anda coba, nih!

1. Pijat

Menggosok pelipis atau memijat leher, punggung, kepala, dan bahu dapat meredakan sakit kepala.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine, penderita migrain yang menjalani 6 sesi pijat per minggunya menjadi lebih jarang mengalami migrain dan tidur lebih nyenyak.

2. Peregangan otot

Peregangan otot atau stretching dapat meredakan ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala.

Anda bisa melakukan stretching setiap hari sebagai bagian dari aktivitas fisik atau saat sakit kepala menyerang. Contohnya adalah peregangan leher (dagu ke depan, atas, kanan, dan kiri) dan peregangan baru (angkat bahu ke atas, depan, dan belakang).

Gerakan peregangan otot di atas bisa Anda lakukan dua kali sehari selama 20 menit per sesinya.

3. Akupuntur

Akupunktur adalah metode pengobatan dengan cara memasukkan jarum tipis ke bawah kulit. Akupunktur dapat mencegah migrain akut dan memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan obat.

Selain itu, pengobatan tradisional asal Tiongkok ini juga disebut-sebut dapat meringankan sakit kepala kronis.

4. Yoga

Yoga adalah aktivitas yang menggabungkan postur fisik, latihan pernapasan, dan meditasi untuk meningkatkan relaksasi serta menyeimbangkan pikiran, tubuh dan jiwa.

Anda bisa mempelajari yoga dengan mengikuti kelas yoga atau mempelajari dan juga mempraktikkannya sendiri di rumah dengan mengandalkan aplikasi maupun video tutorial yang banyak tersedia di internet.

Sebuah studi berskala kecil yang diterbitkan di jurnal Headache tahun 2007, dua kelompok pasien dengan migrain secara acak ditugaskan untuk menjalani terapi yoga atau self-care selama 3 bulan. Dibandingkan dengan grup kontrol, partisipan yoga mengalami serangan yang lebih jarang dan lebih tidak sakit, begitu juga penurunan kecemasan.

5. Kompres dingin maupun panas

Setiap orang, bahkan perempuan hamil, bisa mengandalkan metode ini tanpa risiko. Ada dua metode kompres, yaitu panas dan dingin, tergantung tipe sakit kepala yang dialami.

Edmund Mesina, MD, direktur medis Michigan Headache Clinic, Amerika Serikat (AS), menganjurkan untuk meredakan ketegangan pada leher, gunakan kompres panas di bagian belakang leher. Bila mengalami sakit kepala berdenyut, hindari kompres panas, sebaiknya gunakan kompres dingin dan tempelkan di pelipis.

Arteri yang memasuk darah ke dura (ruang yang ada di antara tulang tengkorak dan lapisan yang menyelimuti otak) berada di belakang tulang tipis di pelipis.

“Dura mungkin ‘marah’ dan mengalami peradangan saat diserang migrain. Menurunkan suhu darah yang melewati area itu tampaknya dapat meredakan sebagian denyutnya,” kata Edmund.

6. Relaksasi

Mempraktikkan teknik pernapasan dalam dan mendengarkan musik dapat membantu tubuh jadi relaks dan meredakan sakit kepala.

Salah satu teknik relaksasi yang bisa Anda coba adalah seperti ini: berbaringlah, tarik napas dan embuskan secara perlahan, dan ucapkan mantra agar pikiran tak lari ke mana-mana. Ini bisa mengendurkan berbagai otot, dari kepala hingga kaki.

***

Itulah beberapa cara alami menghilangkan sakit kepala tanpa obat yang bisa Anda coba. Bila tak berhasil, misalnya sakit kepala makin sering muncul, intensitasnya nyerinya lebih parah, atau disertai gejala lainnya yang tak biasa, sebaiknya periksa ke dokter agar bisa diperiksa lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *